Sunday, August 15, 2010

Google Maps vs Bing Maps

Google Maps vs Bing Maps

Bicara tentang perkembangan peta, citra satelit di dunia maya maka tidak ada salahnya jika kita melihat kedua "Maps" dunia maya yakni Google Maps dan Bing Maps. Google Maps keluaran dari Google sang penguasa search engine, sedangkan Bing Maps merupakan produk dari Microsoft sang penguasa Office.

Ada beberapa lokasi yang ada tutupan awannya di Google Maps atau Google Earth, akantetapi bila kita membuka melalui Bing Maps, lokasi tersebut bersih alias tidak tertutup oleh awan. Apakah karena beda sumber data citra satelitnya atau beda tanggal perekaman citra satelitnya? Silahkan Anda coba akses sendiri di kedua situs peta tersebut dan carilah lokasi yang sama dengan kondisi yang berbeda.


Berikut sampel lokasi yang telah ditangkap oleh penulis :

Gambar1. Sebagian Citra daerah Kota Solo, tampak ada tutupan awan di sebelah kiri atau barat Alun-alun (Sumber : Google Maps)


Gambar1. Sebagian Citra daerah Kota Solo,tidak ada tutupan awan di sebelah kiri atau barat Alun-alun (Sumber : Bing Maps)


Keduanya, silahkan teman-teman cermati. Apakah ada perbedaan sumber data citra atau kah perbedaan waktu perekaman citra jika keduanya mengambil dari sumber citra satelit penginderaan jauh yang sama?

Salam Peta Dunia...

MERDEKA

-app-

2 comments: